fbpx
Beranda Regional Minahasa Peringati Hut Ke-6, Makmin Jaga dan Lestarikan Warisan Leluhur

Peringati Hut Ke-6, Makmin Jaga dan Lestarikan Warisan Leluhur

Minahasa, Nyiurtimes – Ribuan anggota Makatana Minahasa (Makmin) memadati Kota Tondano dalam acara syukur Hari ulang Tahunnya yang ke-6. Semangat menjaga warisan leluhur dan tekad menjadi teladan baik di Tanah Toar Lumimuut, terekspresikan di Lapangan Sam Ratulangi Tondano, Sabtu (18/11) sore itu.

Tenda-tenda penuh. Seluruhnya menggunakan perlengkapan adat seperti Susu’unan dan sebagian menggunakan seragam organisasi. Mereka datang dari seluruh pakasaan di Sulawesi Utara (Sulut).

“Kurang lebih ada sekitar 2.000 orang yang hadir. Anggota Makmin yang tercatat termasuk dengan simpatisan sehingga diperkirakan. Pelaksananya Pakasaan Minahasa Walak Tondano,” ungkap Ketua Umum Makmin, Rico Sumilat.

“Acara diawali tarian Kawasaran dan diikuti musik Kolintang Wanua Tombariri Timur. Kemudian ibadah serta ritual adat Minahasa. Terakhir parade budaya seputar Tondano,” sambungnya.

Peringatan ke-6 tahun itu, dirangkaikan pula dengan HUT Minahasa ke-589. Tujuannya, dalam rangka mengangkat budaya Minahasa khusunya bagi generasi muda. Supaya lebih mencintai adat dan tradisi warisan leluhur.

“Ormas Makatana Minahasa diharapkan bukan saja punya banyak anggota tapi menjadi terbaik untuk Minahasa khususnya di bidang budaya,” jelasnya.

Sekretaris Jendral Makmin, Yusak Tangkilisan mengungkapkan, di pelaksanaan HUT ke-6 seluruh anggota diharapkan bisa terus menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat Minahasa warisan leluhur keturunan Toar dan Lumimuut.

“Kiranya pesan orangtua tentang maesa-esaan, selalu dijaga. Hentikan tindakan-tindakan anarkis yang dapat merugikan sebagai tou Minahasa,” tambahnya.

Ketua Walak Tondano Barat Pakasaan Minahasa, Joel Sumampouw mengungkapkan, sebagai pelaksana kegiatan mereka sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan tersebut.

“Puji Tuhan dan bersyukur ada banyak teman-teman dan sumber dana yang membantu. Baik dari pemerintah, ormas kepemudaan serta lembaga-lembaga yang membantu lancarnya kegiatan kita di Tondano,” ucap Joel.

Ia berharap, lewat kegiatan tersebut bisa memberikan pesan penting bagi masyarakat. Selain itu, dapat jadi wadah mengajarkan tentang bagaimana sebenarnya adat dan tradisi Minahasa.

“Ini juga hendak menyampaikan bahwa ternyata di Tanah Minahasa, masih ada pelindung-pelindung negeri atau Kelung Umbanua. Masih ada yang menjaga, melestariakan adat dan budaya,” urainya.

Kegiatan-kegiatan seperti ini diharapkan bisa mengubah image tidak baik masyarakat tentang adat Minahasa itu seperti kawasaran.

“Di sini kita perlu menunjukkan seperti apa penjaga tanah Minahasa yang benar-benar berbudaya, memiliki hati yang tulus untuk berjuang menjaga, melindungi tanah tercinta,” tegasnya.

Maksud dibuatnya kegiatan ini di Tondano salah satunya untuk mengangkat kembali citra pejuang Minahasa Dr Sam Ratulangi yang kini dinilai semakin kurang diparesiasi. Apalagi Tondano dianggap sebagai pusatnya Minahasa.

“Bagi orang Tondano sendiri silahkan melihat bagaimana ormas adat yang benar-benar terjun di budaya, bukan untuk politik. Di sini benar-benar akan mengedepankan pejuang-pejuang Minahasa. Terimalah kami (Makmin, red) dengan segala kelebihan dan kekurangan kami,” tutupnya. (CdR)

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

41,081FansSuka

Regional

Shandy CH Kaunang, SH Kembali di Percayakan Nahkodai GAMKI Minahasa Utara

Nyiurtimes.net|DPC GAMKI MINAHASA UTARA| Desa Laikit Kecamatan Dimembe Pasca Konfercab yang dilaksanakan di GMIM Eirene Kema, Kepengurusan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Cabang Minahasa Utara...

PSI Himbau Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Pantau dan Jalankan Protokol Kesehatan

Nyiurtimes.net | Airmadidi, Minahasa Utara. Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia kabupaten Minahasa Utara Bro Shandy C.H Kaunang, SH menghimbau Pemerintah Kabupaten Minahasa...

Pembagian Masker Kurang Lebih 7 Miliar Rupiah Dipertanyakan Warga

Minsel,Nyiurtimes — Pembagian masker pada bulan desember 2020 lalu, jadi bahan perbincangan dikalangan masyarakat. Berbagai spekulasi pun muncul dalam perbincangan warga. Jitro salah satu...

Dua Figur Milenial Resmi Dilantik Tenaga Ahli Bupati Minut

Nyiurtimes.net | Minut, Dari 13 nama tenaga ahli Bupati Minahasa Utara yang siang ini resmi dilantik langsung oleh Bupati Minut Joune Ganda, SE terdapat...

Berita Terkait

Pemuda GMIM ATP Gerakan Lima Roti Dan Dua Ikan, Refleksi Paskah Ditengah Pandemi Covid-19.

Nyiurtimes.net | Tataaran Patar, Kabupaten Minahasa | #PemudaGMIM #SalamOborPembangunan. Momentum perayaan Paskah Tahun 2020 ini menjadi berbeda diberbagai tempat karena dampak Pandemi Covid-19 tidak terkecuali...

Covid-19 Pemuda GMIM Nazareth Touliang Oki Laksanakan Baksos

Nyiurtime.com Touliang OKI Minahasa, Senin 30 Maret 2020 | PemudaGMIM Kegiatan Baksos ini di gagas oleh pemuda GMIM Nazareth Touliang Oki yang sementara dalam proses...

Dies Natalis Fispol ke-55 Sebagai Momentum Untuk Memperbaiki Pelayanan Pendidikan

MINAHASA, Nyiurtimes.com - Acara puncak Dies Natalis ke-55 tahun Fispol Unsrat bersamaan dengan Rapat Senat Terbuka yang digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tondano,...

Semarak Bulan Bahasa 2019 di UNIMA

Nyiurtimes.com, MINAHASA - Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JPBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Manado (UNIMA) menggelar Bulan Bahasa tahun 2019....

Manguni Muda LMI Selesai Gelar Rakerda Pertama

Nyiurtimes.com - Manguni Muda (MM) Laskar Manguni Indonesia (LMI) menyelesaikan serangkaian Rapat Kerja Daerah (Rakerda). Sabtu (14/09/2019) di desa Kembes, kecamatan Tombulu kabupaten Minahasa....