GMIM Hadirkan Fritz Siregar Bahasa Pilkada

0
76
Empat Narasumber Dalam Seminar Pendidikan Politik Warga Gereja

MANADO, Nyiurtimes.com – Asosiasi Ilmu Politik Indonesia(AIPI) Cabang Manado menggelar seminar Pendidikan Politik Warga Gereja dengan tema “Partisipasi Warga Gereja Guna Terwujudnya Pilkada Berkualitas” kegiatan ini berlangsung di gereja GMIM Bethesda Ranotana pada Selasa(18/02/2020).

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara AIPI Cabang Manado dengan menghadirkan pembicara nasional Fritz Edward Siregar, SH, LL.M PHD sebagai anggota Badan Pengawas Pemilu RI (BAWASLU RI),juga mengadirkan Narasumber lokal Sulut, yakni Herwyn Malonda, SH, M.Pd selaku ketua Bawaslu Sulut, Jusuf Wowor selaku Ketua KPU Kota Manado, dan Dr Ferry Daud Liando sebagai ketua Minat Tata Kelola Pemilu Unsrat.

Seminar ini memfokuskan tentang pentingnya kontribusi warga gereja untuk menciptakan Pilkada 2020 yang bermutu.

Siregar dalam penyampaian materinya mengatakan untuk membuat sesuatu yang baik diperlukan pemimpin yang baik.

“untuk itu perlu adanya partisipasi masyarakat untuk menciptakan Pilkada yang berkualitas dalam memilih pemimpin,” ujar Siregar.

Dia menyambung bahwa dengan menjadi bagian dari penyelenggara itu sudah merupakan langkah awal bagi warga gereja berpartisipasi dalam suksesnya Pilkada.

“Menjadi badan Bawaslu atau KPU itu adalah satu langkah warga Gereja menjadi bagian dalam proses Pilkada, ” ujarnya.

Siregar mendorong warga gereja san masyarakat ketika melihat ada bentuk pelanggaran dalam pelaksaan Pilkada untuk tidak segan melaporkan hal tersebut.

“Dapat melaporkan bukan saja pelanggaran pada proses Pilkada, tetapi juga kalau ada penyelenggara baik bawaslu atau KPU yang sudah mulai main-main, silahkan dilaporkan,” imbuhnya.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh 346 orang, dari kalangan warga gereja dan mahasiswa. Acara ini dibuka dengan Ibadah bersama yang dipimpin oleh Pdt Hendry Dengah Sth MTh.(Neshia)